Saturday, July 22, 2017
Lifestyle

Natural SkincareNatural Skincare

Perlengkapan mandi yang terbuat dari bahan-bahan alami untuk memberikan perawatan pada kulit Anda

banner

 

 

pensiun tenang

Archives

 

 

Lifestyle
04

 Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

 

Kaki bengkak saat hamil sering dibilang Edema dalam dunia medis kedokteran. Pembengkakan kaki pada ibu hamil bisa terjadi kapan saja, yang lebih menarik lagi edema ini juga sering dialami oleh ibu yang sudah melahirkan. Berikut cara mengatasi kaki bengkak pada saat hamil dan setelah melahirkan tanpa obat :

1. Usahakan ibu hamil tidak lama dalam posisi berdiri

Sudah bukan rahasia umum, kalau ibu hamil akan terasa cepat lelah, Jika anda tidak ingin merasakan kaki bengkak saat hamil maka sebaiknya jangan terlalu lama untuk berdiri, apalagi kalau usia kandungan anda memasuki usia 34 minggu keatas, pembengkakan kaki saat ibu hamil terjadi karena dalam posisi berdiri maka jantung akan dengan mudah memompadarah ke kaki karena posisi kaki dibawah. Namun akan sulit menarik darah lagi ke jantung karena pembulu darah balik jantung saat ini tergencet oleh sijabang bayi atau janin.

2. Lakukan gerakan kaki untuk mengatasi pembengkakan

Saat anda duduk sebaiknya anda mencoba untuk menggerakkan pergelangan kaki anda secara memutar, hal ini untuk membantu mengempeskan kaki anda yang bengkak.

3. Jangan pakai sendal atau sepatu yang mengikat pada kaki

Jika anda suka memakai sendal atau alas kaki yang kekecilan atau ngepres dengan kaki maka sebaiknya anda hindari karena akan memperparah masalah kaki anda yang sedang bengkak. Gunakanlah alas kaki yang tidak mengikat kaki anda secara keras.

4. Duduk dengan posisi kaki diatas

Posisi kaki akan selalu berpengaruh terhadap penyembuhan kaki yang bengkak pada saat mengandung, usahakan anda uduk dengan posisi kaki lebih tinggi dari pada jantung, hal ini akan mempermudah jalannya sirkulasi darah sehingga tidak terfokus pada kaki.

5. Tidur dengan posisi lebih tinggi

penting juga bagi anda untuk mengatur posisi kaki lebih tinggi dari kepala dan jantung, usahakan pada saaat tidur anda mengganjalnya dengan bantal sehingga lebih tinggi dari pada jantung.

6. Pastikan tidur miring kearah kiri

Dengan posisi tidur seperti ini maka anda sedang membantu pembuluh darah balik akan terbebas dari tekanan sehingga aliran darah yang kembali kejantung akan lebih leluasa.

7. Mengatur jadwal olah raga teratur

Dengan sering mengatur jadwal olahraga maka kesehatan ibu hamil terjamin dan yang penting aliran darah lancar sehingga tidak hanya berpusat pada kaki, Olah raga yang bisa dilakukan Bumil ialah yoga, jalan kaki, dan beberapa olahraga lainnya.

8. Berjalan kaki disaat berenang

Saat anda berolah raga hal yang sangat baik yang harus dilakukan adalah berjalan didasar kolam, pastikan kaki anda menyentuk dasar kolam dan mulailah berjalan. Hal ini akan membentu proses perputaran darah dalam tubuh anda.

9. Atur Pola Makan

Pastikan anda mengatur posisi mkaan anda, Hindari makan garam dalam jumlah banyak.Perbanyak minum air putih dan buah-buahan.

Demikian tips untuk mengatasi kaki bengkak pada saat hamil dan setelah melahirkan, Semoga Bermanfaat.



 

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

Privacy Statement  |  Terms Of Use
Copyright © 2010 OktaBiz